Bookmarks

Iklan

Budaya Indonesia Yang Di Klaim Malaysia

Budaya Indonesia Yang Di Klaim Malaysia
Setelah beberapa kali berniat dan ada yang berhasil mengambil dan merebut wilayah - wilayah perbatasan di indonesia telah beberapa kali pula malaysia mengakui dan mematenkan beberapa ciri khas indonesia serta memasukkannya menjadi Akta Warisan Kebangsaan budaya malaysia.

Telah kita lihat pada beberapa kasus seperti Reog Ponorogo dan Lagu Rasa Sayange, di balik wajah Trully Asia nya malaysia pun telah beberapa kali mengakui kebudayaan bangsa lain kedalam warisan budaya mereka

Berikut Beberapa "properti" bangsa kita yang di akui malaysia dan juga beberapa budaya bangsa lain.

1. Reog Ponorogo
 


Menurut Wikipedia reog adalah :

"Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat."


2. Lagu Rasa Sayange



"Rasa Sayange atau Rasa Sayang-Sayange adalah lagu berbahasa asli Maluku yang diklaim oleh pihak Malaysia yang berasal dari Melayu, Malaysia. Lagu ini merupakan lagu anak anak yang selalu dinyanyikan secara turun-temurun sejak dahulu oleh masyarakat Maluku untuk mengungkapkan rasa sayang mereka terhadap lingkungan dan sosialisasi di antara masyarakat."

3. Tari Tor-Tor dan Alat Musik Godang 9



"Alat musik gondang 9 dan tari tor-tor digelar bersamaan. Pada suku Mandailing, gondang 9 dan tari tor-tor digelar untuk perayaan, hajatan, dan penyambutan tamu yang dihormati. Pada masa kolonial, kesenian ini menjadi hiburan para raja dan sebagai bentuk perlawanan terhadap serdadu Belanda. Ada bunyi tertentu yang ditabuh, menandakan kedatangan serdadu Belanda."

4. Rendang


"Rendang (bahasa Minang: Randang) adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya. Masakan dengan citarasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, dan dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun di negara lainnya. Masakan ini kadang lebih dikenal dengan nama Rendang Padang, padahal rendang merupakan masakan khas Minang secara umum."


5. Cendol


"Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet."




6. Tari zapin


"Zapin berasal dari bahasa arab yaitu "Zafn" yang mempunyai arti pergerakan kaki cepat mengikut rentak pukulan. Zapin merupakan khazanah tarian rumpun Melayu yang mendapat pengaruh dari Arab. Tarian tradisional ini bersifat edukatif dan sekaligus menghibur, digunakan sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair lagu-lagu zapin yang didendangkan."




7. Gamelan


"Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul / menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda. Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok di Indonesia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk ensembel. Di Bali dan Lombok saat ini, dan di Jawa lewat abad ke-18, istilah gong lebih dianggap sinonim dengan gamelan."




8. Tari Bhangra (Kaum Sikh) dari India


"tari bhangra(India) adalah bentuk tari dan musik yang berasal dari wilayah Punjab."




9. Tari Bharata dari India


"Tari Bharata Natyam merupakan tarian yang paling populer di India. Bharata Natyam telah diwariskan selama berabad-abad oleh nattuwanars atau biasa dipanggil dengan sebutan para guru dan devadasis atau penari kuil."



10. Barongsai dari China


"Barongsai adalah tarian tradisional Cina dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Barongsai memiliki sejarah ribuan tahun. Catatan pertama tentang tarian ini bisa ditelusuri pada masa Dinasti Chin sekitar abad ke tiga sebelum masehi."

Sebenarnya masih banyak lagi, tapi yang terpenting sekarang adalah bagaimana indonesia bisa lebih menjaga kebudayaannya sehingga tidak di klaim oleh bangsa lain. 


Sumber 1
Sumber 2
Share This :